Rabu, 08 November 2017

Jaringan Komputer

Pengenalan Jaringan Komputer
Prinsip dasar jaringan komputer
  • Jaringan komputer adalah sekelompok komputer otonom yang dihubungkan satu dengan yang lainnya  melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data-informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan lain sebagainya.
  • Awalnya networking atau jaringan komputer adalah sambungan komputer ke komputer dalam bentuk topologi bus.
Komponen Jaringan

Suatu Jaringan tersusun dari beberapa elemen dasar yang meliputi komponen 
hardware dan Software, yaitu

1.   Komponen Hardware
  Personal Computer (PC), Network Interface Card (NIC),   Kabel, Topologi jaringan.

2.   Komponen Software
  Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver,   Protokol Jaringan.

Ada 3 protokol yang dikenal di jaringan komputer :
  1. NetBEUI (NetBIOS Extended User Interface) menggunakan aturan penamaan dengan 16 karakter, dimana 15 karakter untuk nama dan 1 karakter untuk tipe dari entity. NetBEUI tidak memiliki kemampuan routing, sehingga jaringan dengan NetBEUI bersifat lokal, atau tidak bisa menghubungkan 2 jaringan NetBEUI.
  2. IPX/SPX (Internet/Sequence Packet eXchange), merupakan pengembangan dari NetBEUI dengan penambahan kemampuan routing dan remote console.
  3. TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol), menggunakan aturan penamaan dengan beberapa angka numerik yang dipisahkan dengan titik (dot decimal).
  4.   TCP/IP merupakan protokol jaringan yang paling banyak digunakan, karena didorong dari kenyataan bahwa Internet menggunakan protokol TCP/IP. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar